Selamat Datang di blognya Ummi Hana!

Sabtu, 21 April 2012

Pelatihan Calon Innas SDKI 2012 (2)

Peserta pelatihan SDKI 2012 ini terdiri dari pegawai BPS dari pusat maupun daerah. Hal ini membuat kami menjadi lebih mengenal teman-teman BPS di seluruh Indonesia. Biasanya saat-saat pelatihan seperti inilah ajang/kesempatan untuk bertemu dengan temn-teman seangkatan. Misalnya aku... Aku ketemu sama temen seangkatanku STIS Angkatan 46 Yanuar (BPS Kalimantan Timur) & Yuyun (BPS Pusat). Seperti pelatihan innas sebelumnya yang pernah kuikuti yaitu Susenas & Sakernas 2011 aku juga ketemu sama Yanuar & Krisna (BPS Maluku).  

Pelatihan dimulai dengan acara pembukaan yang disampaikan oleh Pak Pardosi didampingi Bu Rini. Malem-malem meskipun kita dah pada ngantuk tetep harus ngikutin acara pembukaan. Acara ini selesai jam 10 malem.

Pak Pardosi dan Bu Rini membuka pelatihan calon innas SDKI12 PK

Wajah2 innas SDKI12 PK yang dah pada ngantuk..

Intama yang masuk ke kelas PK yaitu Bu Ika Luswara, Bu Nunung Dwisyahesti sama Pak Hermawan Agustina (Pak Wawan). Kami mengikuti pelatihan ini sesuai jadwal yaitu dari jam 06.00 s/d 18.00 dengan istirahat makan siang sama coffee break. Gimana gak bikin gemuk coba... Makan 3 kali sehari dengan menu makanan hotel yang super buaaaaaanyaaaaak macemnya... Kalo gak nyobain semua tu kayaknya rugiii...hihihi... Trus, coffee break 2 kali jam 10 pagi sama jam 4 sore... pake kue2 hotel juga... Sehari sampe 3 hari sih enak2 aja. Tapiiiiii...kalo sampe 9 hariiiii...mblenger juga neeeeeh...

Hari kedua masuk materi pendahuluan, metodologo & organisasi lapangan, kegiatan lapangan, tata cara umum pengisian kuesioner dan pengisian kuesioner RT. Padet banget pokoknya.. Satu hari, kuesioner RT harus habis dibahas... Alhasil masih banyak pertanyaan2 teman2 yang dipending karena masalah waktu...

Hari ketiga diawali dengan tes pendalaman materi pendahuluan & kuesioner RT.. Hati2....dalam tes pendalaman ini banyak pertanyaan yang menjebak.. Kalo nggak pertanyaannya yang menjebak, pasti jawabannya hampir mirip semua.. Trus disambung bahas kuesioner PK bagian 1 sampe bagian 5, yaitu meliputi :

1. Latar belakang responden : umur, status kawin, pendidikan, kemampuan baca tulis, dan paparan terhadap media. Tujuannya yaitu untuk mengetahui latar belakang responden.
2. Riwayat kelahiran anaknya : anak kandung, anak masih hidup, anak yang sudah meninggal, umur ketika kelahiran anak pertama, keterangan anak terkecil, pemeriksaan kehamilan dan tempat kelahiran anak terkecil, dan pemberian obat diare. Tujuannya yaitu mengetahui jumlah anak kandung responden dari seorang wanita atau lebih.
3. Kontrasepsi : pengetahuan alat/cara KB, informasi alat/cara KB, pengetahuan masa subur, sikap terhadap KB, pendapat dan sikap tentang pemakaian kondom, dan sterilisasi pria. Tujuannya yaitu mengumpulkan keterangan tentang pengetahuan dan pemakaian berbagai alat/cara KB.
4. Perkawinan dan sikap terhadap perempuan : perkawinan, perilaku seksual, dan pemakaian alat/cara KB kondom. mengumpulkan keterangan mengenai perkawinan dan perilaku seksual.
5. Preferensi fertilitas : kehamilan istri, keinginan memperoleh anak, pandangan istri mengenai alat/cara KB, keinginan memakai alat/cara KB. Tujuannya yaitu mengumpulkan keterangan mengenai rencana kelahiran dan KB.

Hari keempat membahas kuesioner PK bagian 6 sampai bagian 8 dan kuesioner PK bagian 1. Kuesioner PK bagian ini meliputu :

6. Pekerjaan responden dan partisipasi dalam perawatan kesehatan : pekerjaan, penentu penggunaan uang, pemeriksaan kesehatan bapak, pembelian barang tahan lama, kepemilikan rumah dan tanah, kekerasan terhadap istri, pengetahuan suami tentang tanda-tanda kehamilan dalam bahaya, konsultasi dengan petugas kesehatan, imunisasi dan keputusan pengobatan anak. Tujuannya yaitu mengumpulkan keterangan mengenai pekerjaan dan pengetahuan tentang kesehatan ibu dan anak.
7. HIV/AIDS dan Infeksi Menular Seksual Lainnya : sumber info tentang HIV/AIDS, pengetahuan tentang HIV/AIDS, penularan HIV/AIDS, pengetahuan tentang VCT, diskusi penyebab/pencegah HIV/AIDS, sikap terhadap penderita HIV/AIDS, pengetahun tentang IMS, pengalaman gejala IMS, tempat berobat IMS, dan hak istri dalam hubungan seksual. Tujuannya yaitu mengumpulkan keterangan tentang pengetahuan responden mengenai HIV/AIDS dan penyakit menular seksual lainnya. 

Sedangkan kuesioner RP bagian 1 meliputi :
1. Latar belakang responden : umur, pendidikan, kemampuan membaca, paparan terhadap media dan pekerjaan. Tujuannya yaitu untuk memperoleh beberapa keterangan umum mengenai latar belakang responden.

Sebenarnya sebelum mewawancarai responden kita harus memperoleh persetujuan dari responden apakah bersedia diwawancara atau tidak. Kemudian pewawancara juga harus menjaga privasi saat berwawancara karena banyak pertanyaan yang sangat sensitif yang memungkinkan responden sungkan atau tidak mau menjawab.

Sebelum memasuki kuesioner RP, diadakan tes pendalaman materi PK. Yaaah...sama seperti tes sebelumnya, tes kali ini pun harus lebih hati-hati..




Cerita SDKI 2012 berlanjut ke Pelatihan Calon Innas SDKI 2012 (3)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar