Selamat Datang di blognya Ummi Hana!

Senin, 13 Oktober 2014

Perjalanan Mencari Pompa Asi yg pas dan nyaman di hati


Tulisan ini saya bikin soalnya banyaaaaak banget yg nanya tentang pompa asi yg recommended ke saya.. Judulnya lebay banget yak.. e tapi itu bener lho sodara2..pencarian saya menemukan pompa asi yg pas dan cocok buat saya itu berliku-liku..(lebay lagi..:D)

Jadi..dulu nih..pas jamannya hamil hana tahun 2009..saya tuh gak ada kepikiran sama sekali mau pake pompa asi apa..kayak gimana..merk apa..blas gak ada pikiran sama sekali..karena dulu tuh saya pikir semua pompa asi ya sama aja toh.. dan memang sebelumnya saya gak punya contoh busui yg pake pompa asi..jaman baheula mah belon familiar pompa memompa..

Akhirnya..sampai pada waktunya memompa asi..saya minta tolong ayah Ari buat beliin pompa asi.. Karena ayah ari juga gak dipesenin beli yg kayak gimana n merk apa..ya dia beli nya terserah aja..maka dibelikanlah saya pompa asi merk little giant elektrik..belinya di kimia farma..jaman dulu belum marak online shop..

Eh..ternyata saya tidak beruntung..saya pake tu pompa kok asinya yg keluar malah netes2 doang ya..mana agak sakit lagi..maka dari itu saya mulai belajar perah pakai tangan.. Dulu saya belum tau teknik memerah tangan yg namanya marmet..jadi caranya ya menurut feeling saya aja..yg penting asinya keluar.. Meskipun perahnya pake feeling..alhamdulillah hasilnya banyak.. Ditambah lagi dapet artikel dari Rumah Rosita tentang teknik massage pd dan teknik merangsang LDR..semakin lihailah saya perah asi pake tangan.. Pompaku little giant itu akhirnya gak kepake dong.. Di rumah..di kantor perah pake tangan..

Sampai pada akhirnya saya lihat mbak Dwi Trisnani mompa asi pake medela manual yg tuas suntik..tertarik nyobain..akhirnya minjem pompanya mbak nani itu..pas dicoba..eh..ternyata keluarnya lumayan deres lhooo..tapi lama2 pd sakit ketarik2 terus..plus tangan pegel narik2 tuasnya.. Karena pegel pake tangan dan tertarik sama pompa ini..saya belilah medela manual tuas suntik ini..tapi setelah beli..lama2 kan produksi asi saya jadi berkurang tuh..gak oke banget nih pompa kalo produksi asinya dikit..akhirnya balik lagi pake tangan..

Naaaah..pas jamannya arkan..baru tau beeeeeermacam2 pompa asi..mulai dari yg manual..elektrik..yg murah..yg mahal..ternyata buaaaaaaanyaaak banget hasil investigasi saya sercing2 pompa asi ini.. Karena saya juga mulai tau bahwa pompa asi itu cocok2an..masih penasaran aja pengen beli pompa asi yg cocok buat saya..Cuma waktu itu saya gak setergesa-gesa kayak waktu jamannya hana..saya pikir mau minjem dulu punya temen ah..biar pompanya gak mubazir (gak kapok dah beli 2 pompa :D).

Jadi waktu awal2 perah buat nyetok asi tuh masih pake tangan.. Trus..di masa cuti itu saya pinjem pompa medela harmony nya Mitna Tupperware..padahal dia juga masih merah asi..cuma pompa ini gak dipake sama dia..soalnya kata mitna dia gak puas pake pompa asi ini..jadi dia merah pake tangan.. Oke..jangan nyerah fera..belum tentu gak cocok di mitna..tapi cocok di kamu.. Pas pertama pake..pd lagi penuh..saya dah rangsang LDR..begitu dapet LDR..pas saya pompa kok keluar asinya..keluarnya malah netes2..T.T

Huaaaa..sayang ini..dah dapet LDR..harusnya keluarnya deres banget ini kalo pake tangan.. Si LDR pun menghilang lagi..yah..sudahlah aku lanjutin pake tangan aja..besoknya saya coba lagi pake..hasilnya pun sama..sampai seminggu saya pinjem pompa tu tetep aja hasilnya sama.. Huaaaaaa..sedih banget..pompa asi yg disebut2 pompa asi sejuta umat ini karena banyak yg cocok.. di saya pun gak cocok..T.T

Saya gak nyerah begitu saja..di sisa2 waktu cuti saya masih hunting2 pompa asi yg lain.. Oke..saya tanya pompa asinya teh Lani Amaliah..ternyata dia pake pigeon manual..cuma pas mau dipinjem..katanya dia simpen di gudang..mau dicari dulu... Oke..akhirnya saya menghabiskan masa cuti dengan nyetok asi dengan perah pake tangan..

Tiba waktunya masuk kerja saya masih perah pake tangan..tentunya masih hunting2 pompa asi..dan saya pun pinjem pompa medela mini elektrik punya mbak Idha Sahara yg sedang di tangan mbak Trophy Endah.. Pas saya coba..hasilnya keluarnya netes2..kata mbak opy sih pompanya daya hisapnya dah berkurang..mungkin karena itu juga..tapi mbak opy pake bisa menghasilkan asi yg melimpah..kok di saya nggak..T.T

Sudah berapa pompa asi tuh saya coba..hhhhh.. Saya masih penasaran mo nyoba pompa pigeon manual..eh ternyata jeung Dinar Widianingrum punya..n lagi nganggur sekarang..so booking dulu punya jeung dinar ini..

Dari sekian banyak pompa kok gak ada yg sreg n cocok ya di saya..hhhhh..udah nyerah aja deh..sempet berpikir..apa memang gak ada pompa asi yg cocok ya sama saya..lebayyyy..hahaha...

2 minggu masuk kerja masih perah pake tangan tuh..tapi lama2 kok pegel ya..sehari 3 kali merah pake tangan..hiks.. Sambil nunggu pompa pigeon..iseng2 nanya pompa asinya jeung Yuni Suci Kurniawati..ternyata dia pake philips avent..wah..gak familiar ini merk pompa asi..apa saya yg kurang gaul yak.. kata jeung yuni sih enak dipakenya..Eh kebetulan kakak iparnya punya juga avent ini n lagi nganggur juga..akhirnya pinjemlah saya..

Pertama pake avent pd lagi penuh nih..dan kebiasaan saya merangsang LDR sendiri pake tangan..meskipun katanya pompa avent ini bisa merangsang LDR.. Daan..waktu saya pake asinya mancur deres banget..rasanya gak sakit waktu pake pompa ini..gak kayak pompa2 sebelumnya yg pernah saya pake..pd kok rasanya kayak dipijet..ternyata oh ternyata itu efek dari bantalan silikon di corongnya yg mijet areola kita..jadi gak cuma narik2 p*t*ng doang..avent ini narik p*t*ng juga tapi gak berasa sakit lho kayak pompa2 sebelumnya..ya rasanya mirip2 disedot sama bayi lah.. Trus hasilnya gimana? Subhanallah..woooow..baru pertama kali ini saya pake pompa..dalam 5 menit dapet 110ml..amazing banget ini..dan selama saya mompa..saya juga ngerasain LDR..saya bener2 seneng banget..waah..ini nih..pompa ini gue banget dehhh..

Baru dipake sehari aja saya langsung nanya ke jeung yuni..pompanya mau dijual gak? Xixixi..bersemangat sekali yak.. Katanya emang pompa ini dah gak dipake sih sama yg empunyanya..tapi kata jeung yuni..coba dulu aja seminggu baru nanti dipertimbangkan buat dibeli apa nggak..Setelah seminggu..karena dah jatuh cintrong sama ni pompa..akhirnya saya belilah pompa ini.. Meskipun dah 8 tahun (sejak 2005 katanya) tapi pompa ini masih oke banget..dan saya dapet harga yg murah pulak..waktu itu saya beli 250rb..kalo harga barunya mihil book..sekitar 800-900rb lah..trus avent keluaran sekarang bahannya dari plastik PP..sama kayak bahannya pompa medela dll..kalo avent keluaran jadul itu bahannya PES..nah yg jadul kayak yg saya beli nih gak diproduksi lagi sekarang..*lucky me Padahal sebenernya gak tau juga sih apa bedanya antara bahan PES sama PP..tapi orang kebanyakan cari bahan PES..

Kesini2 banyak yg pengen nyobain n nyari avent bahan PES..tapi berhubung udah jarang..malah banyak yg menyarankan pompa unimom..
Nah..si unimom ini bener2 miriiiiiiip banget sama avent..dari bentuknya..sparepart2nya..mirip banget sama avent..sampai2 dibilang unimom ini kw-nya avent..soalnya harganya jauuuuuh dibawah avent..unimom manual tu harganya gak nyampe 300rb..jauh banget kan sama avent..

Penasaran sama unimom..akhirnya saya nyobalah unimom manual..nyewa di lapaknya Siti Nurhidayah Hasan Basri selama seminggu..Rasanya gimana? Bener2 miriiiiiiiip sama avent..gak sakit waktu p*t*ng ketarik-tarik..bisa ngerangsang LDR juga..ada bantalan silikonnya juga..cuma corongnya agak kegedean di saya..jadi si bantalan silikonnya ini nggak pas nempel di areola saya.. Karena gak neken pas areola..hasilnya juga gak semaksimal avent.. Ini pompa asi kedua yg cocok di saya..jadi kayaknya saya tuh cuma cocok sama pompa yg ada bantalan silikonnya di corongnya..

Nah..setelah tau pompa yg cocok ama saya..saya jadi merencanakan untuk anak ketiga nanti pas nyetok asi di masa cuti..pengen nyobain pake avent ato unimom yg elektrik.. Ngebayanginnya nih..kalo pake elektrik..kali bisa.. sebelah pd nyusuin..yg sebelahnya lagi dipompa.. Kalo dibolehkan sama ayah ari sih pengennya beli.. Haaaahh..again fera..beli lagiiiii??? bisa2 diomelin sama si ayah..xixixi.. Kalo gak boleh beli ya nyewa aja deh sama jeung habe..

Jadi..dah berapa pompa tu saya coba buat menemukan pompa asi yg cocok..saya sampe punya 3 pompa asi.. So..buat ibu baru yg berniat beli pompa asi..lebih baik nyoba2 dulu biar tau mana yg cocok..sayang kan kalo kayak saya..2 pompa ngejugrug gak kepake..

Jadi..sekali lagi saya bilangin..kalo pompa asi itu memang cocok-cocokan..belum tentu pompa yg cocok di saya..cocok juga di orang lain..suka bingung juga tuh kalo ditanya pompa asi yg recommended... Tapi sebagus-bagusnya dan semahal-mahalnya pompa asi..gak bakalan deh bisa ngosongin pd..jadi sehabis pumping pake pompa asi..selalu teruskan dengan tangan ya mom..biar pd-nya kosong..song..song..

Panjang banget yak ceritanya..oke deh happy pumping buat mommy2 yg cantik..



SALAM ASI

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar