Selamat Datang di blognya Ummi Hana!

Kamis, 05 April 2012

Sakit Mata & Cendo xitrol

Hari Jumat kemarin, tanggal 30 Maret 2012 mata saya terasa gatal & mengeluarkan kotoran (belek, red) lebih dari biasanya. Wah, tanda2 sakit mata niih... Setelah sebelumnya suami saya yang terkena sakit mata, akhirnya saya tertular juga... Mudah-mudahan penyakitnya gak tertular ke Hana..

Oke deeeeeehhh...di saat besok saya sama suami harus pergi ke acaranya Hana buat ngambil rapor sama liat penampilan tarian Hana, masak ya pake acara sakit mata segala.....hiks.. Dalam bayangan saya, pasti besok nih mata tambah parah & saya gak bisa ikut ke Tsabitha daycare.

Sesuai saran suami, saya tetesin mata saya pakai rohto.. Soalnya suami juga pake rohto buat obatin mata merahnya.. Akhirnya kutetesin lah rohto tsb ke mataku... Segeeeeer banget di mata rasanya... 

***

Keesokan harinya begitu bangun pagi mata rasanya berat banget buat dibuka.. Banyak bangeeet produksi kotoran matanya...hihihi.. Mata rasanya bengkak & merah.. Rasanya rapet bangeet nih mata.. Berasa silau kalo terkena cahaya, kena cahaya lampu aja silau, apalagi kalo kena cahaya matahari... duuuuh gimana niiih... 

Akhirnya kupaksain buat dateng ke acara terima rapornya Hana, sambil terus kutetesin pake rohto.. Waktu itu saya belum ada niatan buat ke dokter.. Lha wong suami juga cuma ditetesin rohto doang udah agak mendingan.. Tapi kayaknya sakit mata saya lebih parah dibandingkan sakit matanya suami.. Di sepanjang perjalanan berasa silau banget... berasa gak enak nih nanti ketemu sama orang tua temen-temennya Hana...

***

Nyampe Tsabitha, salah satu bunda di Tsabitha daycare saranin pake obat mata Cendo xitrol, katanya pake yang salep ya.. Akhirnya tanpa tanya2 lagi, suami beli salep mata Cendo xitrol di apotek terdekat rumah kami..Kayak gini nih penampakan cendo xitrol..


Pertama baca aturan pakainya dulu... 3-4 kali sehari... Upsss..ada tulisan HARUS DENGAN RESEP DOKTER.. bengong sebentar trus baca2 yang lainnya lagi.. Okeeeee....akhirnya kupakai untuk pertama kalinya Sabtu malam tanggal 31 Maret 2012.. 

Aku minta tolong suami untuk memasukkan salepnya ke mataku, kalau pake sendiri kayaknya gak bisa deh..^_^. Begitu dimasukkan, kelopak mata atas agak diangkat sedikit untuk menutupi salepnya biar gak keluar2 dari mata. Setelah itu giliran kelopak mata bawah diangkat menutupi salep. Setelah mata terpejam gerak-gerakkan mata atau raba bagian kelopak luar mata & ratakan salepnya dengan menggerak2an jari.. Ada rasa gak nyaman di mata, kayak lengket2 gitu... Enaknya sih langsung ditidurin..

Keesokan harinya begitu bangun, mataku dah gak berat lagi kayak hari kemarin, alhamdulillah dah mulai gak silau lagi kalau terkena cahaya.. Aku merasa mataku agak baikan.. Tapi, sekarang giliran mata kananku yang tertular dari mata kiriku... (duuuuh...solider banget sih yak... sakit mata aja harus dua-duanya..).. Yang kiri agak mendingan...yang kanan baru gejala2..:(..

Pemakaian cendo xitrol ini kuteruskan sampai hari ketiga, yaitu Senin, 2 April 2012, dan Alhamdulillah mataku berangsur-angsur membaik.. Gak periksa ke dokter ato ke fasilitas kesehatan lainnya trus pake obat yang ada tulisan HARUS DENGAN RESEP DOKTER membuat aku tergelitik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai cendo xitrol. 

Akhirnya aku browsing2 di internet mengenai obat ini... Meskipun yang aku temukan rata2 membahas mengenai cendo xitrol tetes. Kupikir hampir sama dengan yang salep.. Dan hasil browsing2 di internet membuatku kaget.. Ternyata obat ini termasuk obat keras & tidak boleh sembarangan memakainya.. Dijelaskan bahwa obat ini bisa mengobati konjungtivitis (radang selpaut ikat mata). 

Konjungtivitis ini bisa disebabkan oleh virus atau bakteri.. Nah, yang perlu pemakaian obat ini hanya bila penyebabnya adalah bakteri karena mengandung antibiotik, sedangkan bila penyebabnya adalah virus tidak memerlukan obat ini. Masalahnya kita tidak pernah tahu penyebab sakit mata kita tuh dari virus atau bakteri.. Nah lho..kemaren penyakitku penyebabnya apa ya???

Akhirnya, karena beberapa alasan tersebut saya menghentikan pemakaian cendo xitrol. Yang saya heran, kalau obat tersebut obat keras & harus dengan resep dokter, kenapa masih dijual bebas di apotek.
Pelajaran yang dapat diambil adalah sebaiknya pergi ke dokter kalau sakit, saran dari orang non-medis tidak dapat dipertanggungjawabkan.

<span class="rainbow_text"> cendo xitrol </span>

30 komentar:

  1. Makasih banget sharingnya nih..kebetulan lg sakit mata tapi ditetes visine aja udah better. tinggal merah sedikit. temen nyaranin biar cepat pake cendo xitrol. tapi ternyata obat keras yah ...thanks udah sharing ;-)

    BalasHapus
  2. Sama2 mbak.. Iya, saya juga baru tau kalo obat itu obat keras.. Mungkin kalo pemakaiannya gak terlalu lama masih dalam tahap aman..^_^

    BalasHapus
  3. Aduuuhh.h....makasih banget info berbaginya..,saya baru aja beli dan pake sekali obat itu..,krn daerah kelopak mata saya (terutama disekitar tempat bulu mata) terasa gatel sekali...,saya gosok2 dgn jari, akhirnya bengkak, memerah....
    Jadi ngeri juga pake/nerusin... :(
    (aduuuhh....pake yg apa yah....)

    BalasHapus
  4. saya pernah sakit mata sekitar 2 atau 3 thn yg lalu, sy cuma tetesin dgn air susu ibu (ASI) dan alhamdulilah cuma 1 malam sy tetesin, mata sy sdh pulih kembali....^_^

    BalasHapus
  5. visine jg ada tulisannya obat keras, tp untuk [ertolongan pertama buat anak 5,6thn dan dipakai cuma 1-2 kali mungkin masih gpp...
    tp tetep jika sakit berlanjut hubungi dokter

    BalasHapus
  6. Hei, cm mau share. Cendo xitrol ini emg antibiotik. Aku brsn bintitan, terus ke dokter, dan dikasih ini. Aku aja agak ragu pakenya krn kalo memang antibiotik, ga bs sembarangan krn bs2 resisten nantinya. Ini jg dikasih obat minum antibiotik, aga ngeri jg sih tktnya bintitannya bkn krn virus. Sooo, cm mau berbagi aja spy hati2 pake obat :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang salep atau tetes??

      Hapus
  7. Aduuuhhh,,,anakku lagi sakit mata,merah dan bengkak,,tapi gak ada kotorannya.. Kasihan lihatnya,,huft... Udah 2x aku tetes chloramphenicol malah tambah bengkak,,kayanya virus nih... Btw thnks sharenya,ternyata udah salahkasih obat buat sikecil :(

    BalasHapus
  8. nah loh saya jadi bingung nih mau pake apa?
    saya baru kemarin kena sakit mata, tiba2 mata kanan udah merah aja. dan pagi ini sepertinya tambah parah. mata kanan saya agak bengkak dan makin memerah

    BalasHapus
  9. Mata saya lg bintitan ini. Gmn ya kmrn di beliin bpk obat itu. Tp tiap hata saya udah alu kompres. Mohon pencerahannya hhee.mksh

    BalasHapus
  10. Saya lagi bintitan kmrn dibeliin itu sama bpk. Saya bingung pake apa biar sembuh ini. Tiap hari mata udh aku kompres pake air anget.

    BalasHapus
  11. ternyata Cendo XITROL obat keras yah, mata saya lagi sakit nih, sdh diobati pake tetes mata insto tetap aja merah, trus ada teman saranin pake xitrol, tp sebelum pake sy browsing dulu, akhirnya dapat blog ini, nice share yah.

    BalasHapus
  12. Mata saya jadi buta sebelah gara" obat itu

    BalasHapus
  13. Mata saya nyaris buta gara2 obat itu.. Dan sampe sekarang penglihatan saya sdh tidak seperti dulu lagi.. Seperti ada kabut T_T

    BalasHapus
  14. mataku kanan jadi kabur ya setelah menggunakan selep itu padahal sudah dai resep dokter
    mohon infonya lebi lanjut dong

    BalasHapus
  15. mata kananku jadi kabur ya setelah menggunakan seleb itu padahal sudah resep dari dokter
    mohon infony dong............

    BalasHapus
  16. sdh 3 hari mata saya bengkak dan merah, kmrn teman blg pake cendo xitrol, sy sdh pake nih, setelah pake 2x siang N malam cuman setetes agak baikan, tapi baca berita ini jadi ragu nih............bingung

    BalasHapus
  17. Kalo ke dokter juga d ksh obatnya itu itu aja... kalo ga sembuh kasih obat lain...
    Kita kaya kelinci percobaan aja, makanya tidak ad bedanya sama saran dr apoteker
    Saya lebih yakin kalo disuruh dokter test darah untuk tau bakteri atau virus..

    BalasHapus
  18. Maksih bunda informasinya .. coba aturan pakainya disini Cendo Xitrol mana tau bisa menambaha wawasan .

    BalasHapus
  19. Yang penting penggunaa Cendo Xitrol jangan digunakan kalau mata kita lagi lecet, bisa menyebabkan kebutaan.

    BalasHapus
  20. Cendo memang bagus juga ya kak

    BalasHapus
  21. Lima hari hr yg lalu istri sy matanya merah, bengkak dan trasa tertusuk2 d klopak matanya, dokter puskesmas beri obat amoxicciline, asam metenamat, cetirizine utk d minum trus salepnya oxytetracycline hanya 3 hari dah smbuh, trus keesokannya menular ma si kecil (11 bulan) cuma 2 hari d kasi ASI jg dah sembuh, trus menular lg k saya, jadi sya komsumsi sj obat istri tp kok gk ad peubahan..bingung .., ad obat lain gk ya..???

    BalasHapus
  22. Waduh, baru2 anak sy (9 thn) skit mata trs sy bw anak k Apotik utk beli obat (di t4 sy tdk ada dokter mata), oleh apotekernya di beri cendo xitrol. Mudah2 k dpn aman2 sj krn 3x pemakaian anak sy mjerit katanya perih skali. sy tdk mau mggunakan lg bl tanpa resep dokter mata. Tks infonya

    BalasHapus
  23. Mohon informasinya mengenai pengobatan lanjutnya seperti apa, apabila penglihatan mata sudah menjadi kabur akibat cendo xitrol tsb,
    Mohon informasinya. Terima kasih

    BalasHapus
  24. Cendo xitrol digunakan saat mata kita teriritasi , pakai sesuai aturan , kalo gak salah kita dianjurkan pakai 1 -2 tetes 3-4 x sehari . Hanya di pakai saat mata merah bengkak dan berair , jika sudah membaik , hentikan pemakaian .
    dan selama ini aman aja sih gw pake cendo xitrol hehehehe

    BalasHapus
  25. setau saya salep ini untuk pemakaian di luar, kalau yg dimasukkan ke mata beda tipe lagi yg gentomicin

    BalasHapus
  26. Sebenarnya semua obat apotik yang ibu2 beli itu obat keras dan harus pake resep dokter.sekalipun itu amoxillin ato paracetamol.tapi untuk memudahkan apotik diberi kebijakan untuk bberapa obat yg masih dikategorikan aman jika dikonsumsi sesuai aturan.tapi ada juga beberapa obat yg wajib dg resep dokter.itu karena ada kandungan2 yg bs disalahgunakan oleh pihak tertentu.
    jadi g perlu kawatir kl ad obat yg tulisan dg resep dokter tp dijual bebas.dan itu juga cm bs dibeli diapotik.bukan diwarung2 kecil

    BalasHapus
  27. Selama ini pakai yg salep, dan diolesin dibagian kelopaknya aja. Alhamdulillah aman2 aja. asal jgn berlebihan ngolesinnya. tipis2 aja.

    BalasHapus