Selamat Datang di blognya Ummi Hana!

Jumat, 14 November 2014

Hana ngajiiii


Pulang kerja kutemukan sajadah sama mukena hana berantakan gak terlipat rapi.. Pasti ni anak buru2 berangkat ngaji.. Padahal biasanya anak ini langsung ngelipet sendiri mukena sama sajadahnya.. Yaaa..udah 3 minggu ini hana ngaji di mesjid..diajakin sama kakak audi..temen main di sekitar rumah kami.. Senang sekali sepertinya gadis kami ini.. Ngajinya sudah iqro jilid 4..progressnya lama nih sebenernya..mulai baca iqro jilid 1 itu 2 tahun yg lalu..

Sebenarnya di sekolah sudah baca iqro..di rumah pun kadang dia baca iqro sendiri atau kadang minta ditemenin sama saya..tapi gak papa lah hana ngaji di mesjid..
'kalo hari kamis gak bawa iqro bunda..soalnya cuma hapalan surat aja bunda..'
dan dengan bangganya dia bilang 'tadi hana dites hapalan lho bunda..'
'trus hana baca surat apa?'
'semua surat yg hana hapal..''
'woooow..hana hebat sekali..''

Kadang kalo ngomong sama gadisku ini harus agak lebay..saya yg nanggepinnya harus se-excited mungkin..: D dan jangan lupa..kata ayah Ari harus selalu memuji anak..di setiap apapun yg anak lakukan..

Sholatnya udah mulai kami disiplinkan.. Bacaan sholat sih udah hapal semua..kecuali tahiyat akhir..masih bersemangat ngapalin tahiyat akhir ini anak..
Setiap pulang kerja selalu saya tanya..
'hana tadi solat dzuhur? solat ashar?'
Kalo dia nggak solat..adaaaa aja alesannya..
'abis tadi hana bobo siang siiiih..'
'kan bisa solatnya sebelum bobo siang..jadi, abis pulang sekolah hana makan..trus solat dzuhur..trus bobo..trus bangun tidur..trus solat ashar..trus main deh..'
'mandi dulu bunda..'
'oh..iya..abis solat ashar..trus mandi..trus main deh..abis main solat magrib..'
'trus solat isya ya bunda?'
'Iyaaaaa..'

Kadang gak perlu disuruh pun hana pengen solat sendiri..kayak kemaren..pas denger adzan ashar..
'solat asar yuk bunda..'
'bentar ya..bunda lagi ngerjain ini dulu..tanggung..tunggu ya..'
'ya udah deh hana solatnya duluan aja ya bunda..'
'oke..'
Emak bapaknya kalah ni sama anaknya.. Eh..begitu ayahnya solat ashar..pengen ikutan juga..
'hana kan tadi udah solat asar..masa' mau solat lagi? Nanti aja solat magrib berjamaah ya?'
'Iya..'.

Kalo mau berangkat ngaji nih..rempong banget dah ni bocah..
'sok cepetan hana solat dulu..keburu disamper kakak audi..' trus dia kayak orang panik..bingung antara mau solat tapi keburu disamper temennya..
'sok cepet..' emaknya gak bisa jamaah sama hana..lagi nanggung..
'nanti kalo kakak audi nyamper..bilangin ya bunda..hana lagi solat..'
'iya..iya..sok cepet'

Lucunya lagi..kalo lagi jamaah sama saya..bacaan solatnya hana bisik2..tapi kedengeran sih sama saya.. gerakan solat dan bacaan saya selalu lebih cepat dari gerakan dan bacaannya hana..padahal itu saya juga dah pelaaaan banget..akhirnya selesai solat hana protes ke saya..
'bunda solatnya jangan cepet2..hana kan belum selesai baca..' sambil berkaca-kaca..
Ini anak kalo lagi marah malah sedih..nangis..mirip emaknya..ya gak ayah ari?
'Yaaaaaa..maaf yaaa..bunda kecepetan yaaa..'
'iya..bunda jangan cepet2..'

Akhirnya setiap solat jamaah sama hana..di setiap gerakan selalu saya tungguin bacaan solat hana kelar..
Alhamdulillah bunda memilikimu naaak..jadi anak solehah yaaaaa..

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar