Selamat Datang di blognya Ummi Hana!

Rabu, 21 Maret 2012

Memasak nasi agar tahan lama/tidak cepat basi

Sudah beberapa minggu ini saya kalo memasak pakai magic com pasti gak tahan lama alias basi. Belum juga sampai 24 jam, nasi yang saya masak pasti berbau dan agak basah di bagian bawah dan samping magic com. Saya jadi agak sebal juga, karena kan sayang harus buang-buang nasi sementara orang lain masih ada yang kekurangan nasi..

Para ibu rumah tangga yang lain mungkin mengalami hal yang sama dengan yang saya alami. Pada awalnya saya mengakalinya dengan beberapa kali mencabut colokan listriknya. Jadi kalo saya masak nasi sore hari, pasti malemnya saya cabut, trus paginya saya colokin lagi. Pokoknya kalo gak dimakan dalam waktu yang cukup lama pasti selalu saya cabut colokan listriknya. 

Tapi, kemarin-kemarin ini saya dapet tips dari temen kantor saya agar memasak nasi agar tahan lama/tidak cepat basi yaitu dengan menambahkan perasan jeruk nipis saat akan memasak nasi. Jeruk nipis yang dibutuhkan kira-kira saja. Misalnya masak nasinya sedikit ya jeruknya lebih sedikit dibanding dengan masak nasi yang lebih banyak. Kalo saya biasanya masak nasi 3 cangkir kecil, perasan jeruk nipisnya dari 1/2 buah jeruk nipis kecil berdiameter 2,5 cm. Menambahkan perasan jeruk nipis ini benar-benar gak merubah rasa apapun dari nasi yang kita masak. Dan hasilnya memang nasi saya lebih tahan lama, sampai-sampai tahan sampai 2 hari lho..

Selamat mencoba...^_^

2 komentar:

  1. kasusnya sama...padahal magic jar baru beli...coba tar aku kasih jeruk nipis..thanks advicenya

    BalasHapus